Perbandingan Koneksi Internet

Hanya ingin berbagi mengenai koneksi-koneksi internet yang saya ketahui (dari google juga sih).. karena awal tahun kemaren saya ingin membeli sebuah modem dan juga mau pasang koneksi internet di rumah..

berikut infonya:

Menurut kecepatan informasi yang ditransfer (baud rate):

Pada awalnya modem hanya memiliki kecepatan dibawah 2.400 baud atau 24 Kbps. Namun dewasa ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps. Jalur telepon merupakan sarana yang digunakan untuk koneksi modem dial-up

Teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi . Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi seperti halnya video.

Perbedaan modem ADSL dan modem konvensional yang mudah dilihat adalah dalam kecepatan pentransferan (upload/download) data. Walaupun sama-sama menggunakan saluran telepon umum sebagai jalur komunikasinya, kecepatan pada modem ADSL berkisar antara 1.5 Mbps sampai 9 Mbps. Perbedaan kecepatan yang mencolok diantara keduanya akibat perbedaan penggunaan frekwensi untuk mengirim sinyal/data. Modem konvensional menggunakan frekwensi di bawah 4 KHz, sedangkan modem ADSL menggunakan frekwensi diatas 4 KHz. Umumnya modem ADSL menggunakan frekwensi antara 34 KHz sampai 1104 KHz.

ADSL berbasis DMT tampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi optik fiber.

Broad band menyediakan layanan terpadu dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi. Koneksi modem jenis ini sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps , baik dari provider ke konsumen (downstream) maupun dari konsumen ke provider (upstream).

pada bagian ini hal yang diamati adalah hanya dari sisi speed/kecepatan koneksi internet saja.

Di bawah ini saya akan berbagi info mengenai modem yang dikeluarkan beberapa provider di Indonesia:

Salah satu informasinya saya juga mencari di google dan membaca dari blog seseorang, bedasarkan informasi yang saya baca dari blog tersebut, sebagai berikut:

1. Merk I
Signal HSDPA full bar. Pengetesan dilakukan menggunakan kartu im3. Pada waktu pagi sampe siang koneksi lumayan
cepat, download rata-rata di range 30-40 KB/s.  Sepertinya Indosat melakukan limit bandwith, ini terlihat dengan
tidak maksimalnya kecepatan download. Untuk koneksi HSDPA seharusnya dapat mendownload sekitar 100 KB/s. Pada waktu malam hari terasa sekali koneksi menurun, mungkin karena banyak yang menggunakan layanan Indosat dan trafik padat.
Pengetesan menggunakan kartu Mentari sedikit terasa lebih lambat, download pun turun ke range 20-30 KB/s. Sepertinya kartu Indosat memberikan bandwith berbeda antara kartu im3 dan mentari.

4.Merk A
Signal 3G full bar. Stabil, inilah kesan pertama menggunakan A. Kecepatan download stabil di 40-60 KB/s, siang
sampe malam. Untuk jaringan 3G kecepatan segini terbilang maksimal. Entah karena belum banyak yang menggunakan Axis  atau emang karena jaringan Axis yang bagus. Jadi tidak sabar menunggu datangnya jaringan HSDPA A nih.

Begitulah kurang lebih informasi megenai informasi mengenai koneksi internet yang saya bisa share ke teman-teman..

SELAMAT BERSELUNCUR DI DUNIA MAYA…

Leave a comment